Good Things

Kesan, Pesan untuk Mr. Syayid


Pengetahuan lebih baik daripada banyak harta. Meskipun banyak harta, tanpa pendidikan, harta tersebut tetap akan habis. – Syayid 2012

Jika anda adalah mahasiswa yang pernah saya ajar, atau mahasiswa yang skripsinya saya bimbing, atau mahasiswa yang saya menjadi penguji paper atau skripsinya, atau mahasiswa yang saya menjadi pembimbing akademiknya, maka pesan, kesan, dan saran dari kalian sangat saya hargai.

Sebagai seorang dosen, saya tentu ingin belajar lebih lanjut lagi untuk menjadi dosen yang lebih baik, baik dari segi pendidikan namun juga dari segi kepribadian dan kematangan kepribadian (kualitas mental dan perilaku).

Kalian boleh menyebutkan nama dengan lengkap beserta NPM, jika dirasa perlu. Jika  sungkan untuk menuliskan nama, boleh memakai inisial  (seperti: JS). Saya terbuka untuk saran, kesan, dan pesan dari mahasiswa. Secara pribadi, saya adalah seorang pembelajar.

Mohon gunakan bahasa yang sopan, santun, dan ber-etika ke-Indonesia-an ya. Boleh dimulai dari kesan yang baik, interaksi yang kalian harapkan, cara saya berkomunikasi, atau cara saya mengajar di depan kelas, atau bahkan boleh perihal bagaimana sebaiknya saya di dalam membimbing skripsi bila dibandingkan dengan pengalaman bimbingan skripsi teman kalian (tanpa menyebutkan nama dosen lain). Komentar dan evaluasi dari kalian, besar kemungkinan juga bisa bermanfaat bagi dosen lainnya yang mungkin juga akan membaca postingan ini.

Sukses untuk kalian, dan untuk masa depan yang lebih baik.

Salam sukses! Untuk diri kita, keluarga, dan Indonesia.

==========================

Tujuan dari postingan ini adalah sebagai wadah evaluasi diri selaku dosen, dari sudut pandang mahasiswa. Tindakan ini sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang pribadi dosen yang cendekiawan dalam kehidupan berbangsa bernegara dan dalam kehidupan sehari-hari.
Advertisements

12 thoughts on “Kesan, Pesan untuk Mr. Syayid”

  1. Mr.Syayid terimakasih atas berbagi ilmu dan pengalamanya sangat berguna dan penting buat saya terutama. Setelah diajar oleh Mr. selama dua semester,saya belajar untuk menghargai sebuah proses menjadi lebih baik dari hari ke hari , tetapi tetap bersyukur dengan apa yang didapat sekarang ini. Terimakasih untuk apa yang sudah Mr.syayid bagikan kepada mahasiswa, yang bagi saya pribadi akan serap semuanya untuk dijadikan pelajaran dikehidupan yang lebih baik, tetap seperti ini ya Mr… Tetap ramah , penyabar, pengertian dan yang paling penting smile. ^-^

    Like

    1. Oke, Yana. Insya Allah, ya. Mohon do’akan agar segala kemudahan dilimpahkan oleh Allah SWT ke saya dan kita semua, sehingga kita tidak punya alasan apapun untuk mempersulit orang lain, ya. Aamiin. 🙂

      Like

  2. Assalamu’alaikum pak, saya Gina dari kelas Sesi 13D. Bapak adalah penasehat akadamik saya selama saya kuliah, menurut saya selama proses konsultasi dengan PA bapak selalu memberikan nasehat,arahan dan solusi terhadap setiap permasalan yg dihadapi. Bapak sangat ramah kepada mahasiswa, selalu tersenyum, tidak mempersulit mahasiswa dan bahkan selalu mempermudah mahasiswa.
    Bapak merupakan penguji skripsi saya, selama bimbingan dan menguji, bapak tidak pernah menyulitkan saya, bapak selalu mengarahkan,membimbing,memberi saran dan solusi terhadap skripsi saya. Meskipun bapak tidak pernah mengajar dikelas saya, tapi bapak mengajarkan saya dengan sangat baik selama penyelesaian skripsi saya. Terima kasih untuk semuanya pak, tak terhitung harus bagaimana saya membalas jasa bapak, yg saya bisa hanya berdoa agar bapak selalu dalam lindungan Allah, selalu diberkahi Allah dan apa yg bapak kerjakan dapat bermanfaat bagi banyak orang dan menjadi ladang pahala diakhirat kelak. Aamiin.
    Pesan saya untuk bapak, tetaplah menjadi dosen yg terbaik.
    Thank you so much for everything Mr.Syayid.

    Like

  3. Assalamu’alaikum. wr. wb…
    Selamat siang Mr.
    Kesan dan Pesan yaa Mr…
    Untuk Kesan awal belajar sama Mr., sempat berfikiran Dosen Berkacamata, “Bakal Serius dan bakal Boring nih” tapi kenyataannya Mr. itu orangnya humble dan sangat memotivasi dengan Cerita² S2 nya di Illinois University, jujur van emang paling senang untuk mendengarkan pengalaman² orang yang pernah ke luar Negeri, agar bisa kecipratan juga jadi pengalaman sendiri kelak dan cerita pengalaman Mr. mengangkat Acara di UNAND yang sempat tercyduk sama dosen nya karna gak masuk kuliah dengan alasan sakit 😂 *sumpah itu ngakak Mr. Mr. bukan hanya seorang Dosen saja bagi kami, terkadang Mr. adalah pengkritik dan penasehat yang baik untuk membangun Mahasiswanya lebih baik kedepannya. Kesan terakhir ketika mau Kompre ditanya “Eh, you kompre ya?”, “Iya, Mr.”, “Wah, gak nyangka yaa, perasaan baru kemaren saya ngajar kamu, sekarang udah mau wisuda aja” (Bangga bercampur aduk dengan Sedih karna hampir menyelesaikan kuliah serta telah di didik oleh Mr. yang terus-menerus memberikan Inspirasi). Van sangat beruntung bisa belajar dengan Mr. dan menjadi Mahasiswa Bimbingan PKM-P.

    Quote for Mr.
    An ordinary lecturer only teaches students to be a good human by asking them read the book. But great lecturer is like you teach us to be a good human by becoming an inspiration for us.
    ~Annonymous~

    Untuk Pesan :
    1. Mr. jangan terlalu memberikan perhatian ke Mahasiswa² yang duduk di depan saja Mr., soalnya banyak mahasiswa yang biasa duduk di belakang merasa butuh perhatian terutama dalam mata kuliah Writing.
    2. Tetaplah menjadi Best Mr. Inspiration and Motivator, kalau bisa ceritakan Pengalaman Mr. selama Kuliah di Illinois agar Mahasiswa dapat termotivasi buat Belajar.
    3. Mr. jaga kesehatan Mr, Semoga Mr. sehat wal’afiat… Aamiin

    I will remember all of your advices and guidance forever. Your kindness is so precious and you will be my best lecturer of all time. So, I say Thank You so Much Mr.

    Wassalam…

    Like

  4. Assalamu’alaikum Wr.Wb. Saya sangat senang sekali dengan adanya program ini untuk menyampaikan kesan dan pesan ke pada Dosen yang inspiratif seperti Mr. Syayid. Sejauh saya telah belajar dengan beliau, kemudian bertemu lagi setelah kepulangan dari study abroad beliau, dari sanalah saya semakin yakin bahwa tidak ada yang tidak bisa dilakukan demi pendidikan untuk kelangsungan masa depan yang lebih baik. Hal ini terlihat dari sifat beliau yang selalu memotivasi, dan membantu Mahasiswa/i beliau untuk selalu bersemangat dalam meraih cita cita, karena beliau adalah orang yang memiliki pemikiran yang terbuka, ceria, berdedikasi, bijaksana, humoris, legowo, dan banyak lagi lah pokoknya 😀 😀
    ****
    Pesan : Kami berharap Bapak selalu berupaya memberikan kebijksanaan yang selalu ada untuk kami yang sudah pernah belajar dengan bapak, dibkmbing dengan Bapak hingga kepada adik adik yang masih kuliah sekarang, selalu lah menginspirasi sehingga mereka akan berpikir bahwa dunia tidak hanya seluas wilayah Indonesia saja, masih banyak di luar sana tempat untuk melanjutkan pendidikan, sehingga langkah kami tidak terhenti di kampus STKIP tercinta ini, namun bisa mengharumkan namanya ke mana saja kami melangkah. Alias, kami selalu mengharapkan segala energi positif dari seorang inspirator seperti Pak Dosen kami ini, kalaupun ada kesalahan yang ditemukan pada kami, selalulah utarakan dengan positif seperti yang telah bapak lakukan kepada mahasiswa/i sebelumnya.
    (Thank you for the wrinting’s chance)
    😀

    Like

  5. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Saya kurnia (13040104).sebelum nya saya doakan bapak agar sehat dan dalam berkahan Allah SWT.
    Saya memang tidak pernah belajar di kelas bersama bapak, dan bapak juga tidak penah mnjadi pembimbing atau penguji skripsi saya, tapi sejauh yang saya dengar dari mahasiswa lain nya bapak adalah orang yg humble.
    Selama 8 semster bapak adalah penasehat akademik kami, dan selama itu, saya pun merasa bapak adalah org yg ramah dan suka memberi nasehat kepada mahasiswa, contoh nya saat ada konsultasi dengan PA. Di saat konsultasi bapak selalu memberikan nasehat agar kita selalu memperbaiki dan mempertahankan grade yg kita dapat, bapak sllu mnyarankan mata kuliah pilihan yg harus kita ambil dll.
    Satu lagi yg tidak akan saya lupa adalah jasa bapak saat saya harus menyelesaikan tugas akhir saya, bapak mau mengizinkan saya mencopy tugas mahasiswa sbg bahan penelitian saya meskipun bapak saat itu tidak bisa hadir karena dalam keadaan kurang sehat, dan bapak tidak mempersulit saya dalam meminta tanda tangan PA saat pendaftaran ujian skripsi tinggal 1 jam lagi. Pokok nya thanks for everything pak..

    Pesan saya: tetap lah tingkat kan kualitas diri, baik dalam mengajar, membimbing dan menguji mahasiswa, ramah dan tidak suka mempersulit mahasiswa.tetap lah menjadi dosen yg jadi favorite banyak mahasiswa..
    All the best 4 u Mr. Syayid Sandi Sukandi.

    Like

  6. Assalamualaikum saya Indri Yunissha Ramadhanti(16040003) dari Bp 2016 A. Menurut saya kinerja Mr Syaid dalam PBM sangat sempurna sekali. Mr menerangkan materi secara detail, jelas dan mudah di mengerti. Selama saya belajar dengan Mr saya merasa senang dan sangat enjoy, Mr juga merupakan salah satu dosen favorit saya. Pesan saya semoga Mr semakin sukses dan selalu menjadi dosen favorit di hati kita semua. Karena selama proses PBM yang Mr berikan saya tidak merasa ada keluhan.
    Good Job Mr, I think you are the master of writing. 😃

    Like

  7. Assalamualaikum pak, sejauh mengikuti pelajaran dengan bapak dalam study CCU UNDERSTANDING, 2018/2019.
    Pertama yg mau saya ucapkan terima kasih, karena telah memberikan mengenal budaya, adab cara berkomunikasi di luar negri, sedikit disini yg mau ananda sampaikan, yg saya pribadi inginkan dalam pembelajaran Ccu ini sebaiknya diterapkan di dalam kelas, membawakan budaya, adab adab diluar negri itu diterapkan dalam kelompok dalam kelas, jadi kami seakan akan berada dalam suasana cultural lintas budaya di dalam ruangan kelas tersebut, contoh cara basa basi makan, perkenalan, dan acara wedding bertemu teman dan lain sebagainya belum lagi masalah toleransi beragamanya mungkin beda lagi cara nya.
    *Tapi selama yg bapak terangkan Alhamdulillah saya pribadi dapat mengenal, Oo begini cara bertata krama dg mereka…, saran saya kedepan akan dapat “merasakan” benar benar berada dalam kondisi mereka tersebut, Ok …
    Wassalamualaikum..
    “”Baik menurut kita belum tentu baik menurut sang pencipta, buruk menurut kita belum tentu buruk menurut sang khaliq””

    Begitulah halnya dg manusia.

    Like

  8. Assalamualaikum mr…
    ini Asma Alhusna Bp 2006 (maav mr, nmp nya lupa2 dikit).. langsung saja mr, sejauh yang saya ingat proses PBM dengan bapak, Alhamdulillah menyenangkan dan menginspirasi, namun kesempurnaan itu bukan lah milik kita sebagai manusia. jadi, memang perlu peningkatan lagi dari segi apapun menyangkut materi, kelas managemen, media yang di pakai dalam mengajar dll. mungkin setelah bapak menyelesaikan studi s2 nya sudah banyak peningkatan dan kami tidak bisa melihat kembali bagaimana sistem dan tata cara bapak mengajar sekarang. harapan kami sebagai alumni STKIP PGRI, mohon kira bapak meningkat kan lagi tata cara mengajar nya demi kemajuan kampus kita tercinta yang nanti nya akan menghasilkan lulusan2 yang bisa di acungi jempol kemana pun mereka membawa ilmu nya.. inovaasi apapun yang akan bapak berikan, sejauh tidak ‘mengganggu ketentraman dan kedamaian’ orang sekitar, monggo pak dilanjutkan. terserah komentar yang akan datang, karna sesuatu yang baik akan selalu diiringi dengan tantangan yang tidak mudah, disanalah ketekunan dan ke ikhlasan kita dituntut.. good luck mr…
    mohon maav untuk saran yang tak berkenan mr, terima kasih untuk komen terbuka ini. wassalam….

    Like

    1. Halo Asma,

      Terima kasih atas saran dan kesannya. Iya, mungkin dulu itu saya masih dosen muda dan belum dibekali Pekerti dan AA. Insya Allah, innovasi dalam pembelajaran dan pengajaran akan dilakukan. Oh ya, itu maksudnya ‘menganggu ketentraman dan kedamaian’ ke memutar film dengan volume keras atau nggak? Tapi, apapun itu maksudnya, insya Allah akan dipelajari lagi ya?

      Life-long learners! Sukses buat Asma S2 nya ya…

      Like

  9. my name is Rani Sugiarti (10040364), i think mr, Syayid is a lecture is the best for me because during Mr. syayid teach always give good material and good way explain about material. hmmm, i still remember when Mr. syayid teach about translation and Mr. not only explain material but Mr. always tell about foreign so make me interesting because i like foreign. I wish Mr. Syayid help some students have nervous in performance in front of class and Mr. should care with student have lack of in speak english.

    Like

    1. Thank you very much for your input, Rani. I appeeciate it. Yes, I will consider to invite students to speak more in front of my class. In the meantime, success for you, Rani, and wish you all the best! 😊

      Like

Comments or Feedback

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s